2020 – What a Year !

Heyyy guys, I can’t believe I’ve survived from this year madness! Been such a ride through ups and downs. It’s also at the end of year right now. I just came back from Sunter Mall. It’s crowded as the mall will be closed earlier at 7 p.m and it’s the end of the year~ Most people will throw a party *cough* from home lol. I also taught my niece her English K*MON lol #ambislyfe for my niece. Time flies super fast like the the flash and I usually do not remember most every highlight of the month. However this year, I remember ! Yeay~~ So without further ado, let me tell you that 2020-(is) What a Year !

Let me clarify the opinion. Last year, I did say 2k19 runs so fast like The Flash.However, this year is 2x faster. Everyone says January, February, March, Corona, and December. I won’t post any photos on here because of the shortage of time.If lasy year, I have posted the photos on my instagram, this year I won’t post anything  And please bear with me because I’ll write this in Bahasa and English! Here we go ~ 

January : Here We Go ! The beginning of the ride~  
Gotta hit the 2020 with the freaking big news : Corona-19 ! At the beginning of the year, semuanya dihebohin sama virus baru yang menjangkit tubuh manusia dan menimbulkan kerusakan pada salah satu organ tubuh kita yaitu paru-paru ! Technically, virus ini katanya belum ada obatnya dan penyebarannya dari negeri tirai bambu. Beberapa negara udah mulai kedeteksi nih disini. Meanwhile virus ini belum masuk disini katanya. Of course gua inget banget ini masa dimana gua stress banget di dunia perskripsian karena temen gua dah sign approval sidang meanwhile gua belum. “Pokoknya aku harus lulus tahun ini. Ga mau lama-lama”, ujarku sambil menatap layar laptop berisi angka-angka hasil pengolahan data dengan mata sayu (Iya, ga tidur sama sekali).Mental breadtal* breakdown? Ya iyalah. Kalo sampe gak lulus, tahun ini sebenernya gak masalah, tapi again biaya kuliah kan ga semurah itu gaes. Hm, pokoknya itu masa yag bisa dibilang deg-deg-an.

February: SIDANG PASTI BERLALU
Ohiya , CNY di Januari kayaknya biasa aja ya. Gak ada yang wow banget. Tapi ada yang lebih WoW dari CNY. Sidang ! Akhirnya, tepat tgl 6 Februari 2020, diri ini sidang. Sempet deg2an karena masih berasa ga menguasai materi meanwhile temen2 gua kok punya confidence level yang tinggi. Well, pada akhirnya, I just be like “heck yeah, I have to face it. Here we go for the final ride!” .Ya, ada point yang harus gua akui bahwa ada kekuarangan yang sudah gua duga bakal ditanya.I remember ke kampus pagi2 sama temen satu kelas yang kebetulan juga sidang di hari yang sama bedanya jam gua lebih ntar. Gua ditanya 1 jam 15 menitan lebih. Padahal yang lain on time 😦 tapi kalo udah di dalem ruang sidang emang waktu tuh ga berasa. Toh pada akhirnya kelar juga. But the weird things about abis sidang adalah, gua ga bisa tidur. Iya, padahal gua selalu kurang tidur, abis kelar sidang berasa lega dan agak ngantuk tapi temen gua ngajakin makan jadi ngikut ae hahah tapi pas malam habis sidang kelar, gua jadi susah tidur dan ini ngefek sampe sekarang. I dont know why. Kayak tidur gak bisa tenang selalu kebangun. Mungkin karena diri ini tuh tau bahwa udah lulus dan yang ada dipikiran gua adalah “What’s next?” dan kerja dimana. HAHAHA. Lulus tuh kayak dilepas buat menghadapi hutan rimba yang jauh lebih besar yaitu hidup di masyarakat yang beragam. Moreover, sempet deg2an juga karena beberapa hari sebelum sidang, hasil magang gua tuh keluar dan I need one last interview to secure the job. Akhirnya setelah sidang, minggu depannya gua interview kerjaan and yes, I got the job !

March: Corona Virus Outbreak in here. 
Pas second of bulan ketiga, pemerintah umumin kasus pertama yang kena corona and you know harga masker di sini jadi luar biasa gak masuk akal dan mahal . Semuanya sold out dan hand sanitizer pun jadi mahal banget. Tentu aja sebagai manusia biasa pasti kalap karena again, virus ini belum ada obatnya dan kalo kena paru-paru yang jadi korbannya. Tentu aja lansia dan orang yang punya penyakit bawaan juga sangat berisiko. Alhasil mulai-lah diterapkan WFH. I mean semenjak lulus, gua juga cuma di rumah aja karena masuk kerja gua first day di June. Gua berpikir gak ada salahnya take a break for a while di tengah virus2an ini. Gua juga ga mau ambil risiko ke orang rumah mengingat ada anak2 dan emak yang udah gak muda lagi (p.s emak gak suka kalo dipanggil tua WKWK). Yaudahlah, I deserve it for a while. Sempet kepikiran buat nyoba magang, but karena asumsi gua Juni udah bisa kerja (Ya, dulu ini belum jadi Pandemi karena baru kedetect di sedikit orang).Sebenernya di Maret cuma ini doang yang gua inget. Pengumuman ini sama kayak ultah temen gua yang ternyata dia ga ngasih tau kalo dia ultah lol. Alright, it’s about getting a bit mad, guys~

April- August: Getting stronger 
Yak, coronanya yang stronger . PSBB berjalan dan terus diperpanjang. Akunya sih enggak hahahaha. Well, ternyata first day kerja gua diundur hingga waktu yang tidak ditentukan tunggu keadaan lebih baik kalo kata HR-nya. Sebagai sobat yang nyantainya keterlaluan , diri ini agak gelisah karena pasti adalah feels kayak “doh, jadi gua mulai kerja kapan sih ? Nanti kalo tiba2 gua di cancel gimana?”dan 1000 pemikiran lainnya. Pastinya ada kegalauan lagi nih selagi kosong gini mending gua magang apa gimana. Karena tbh aja nih kalo gua magang, nanti tau2 mulai masuk kerja kan ga lucu ya resign mendadak dari tempat magang. Akhirnya gua ga ambil magang dengan pemikiran gua mau kehilangan job yang ini. Tapi selama masa penantian ini, kayaknya disini gua udah ngerasa capek dan bahkan kayaknya gua sampe ga terlalu berharap banget terhadap apapun haha. Kayak my life feels way flatter than before. Even bucin ke dunia perkepop-an gua terasa hampa kayak yaudah cuma denger lagunya aja . On the other side, masak jadi hobi semua orang termasuk gua jadi mencoba buat pizza grandma style gitu hahaha. Btw gua juga Wisuda dan les bahasa lagi. Cari kesibukan daripada bengong aja.

September : First Day at Work 
Yak, di bulan September tgl 21 jadi hari pertama menjejaki karir setelah lulus secara official . Selama ini ngapain aja ? Bantuin toko. Ada rasa sedikit campur aduk, excited karena ini pertama kalinya kerja tapi juga ada rasa takut. Kira-kira gua bakal melaju lolos jadi pegawai tetap apa enggak trus kayak kira2 gua gimana nih kedepannya dengan pilihan karir ini. Semua kebutuhan dikirim ke rumah dan “pengenalan perusahaan” dimulai secara daring. Agak sedikir deg-degan karena ternyata rekan kerja gua ada yang udah berpengalaman tapi ngelamar posisi yang sama kayak guameanwhile gua anak freshgrads yang masih belum sepenuhnya ada di bidang ini. Seru juga belajar hal baru

<span style=”color: yellow;”October – November : Well, Keep Holding On !
<span style=”color: yellow;”Ya , kalo kata mba Avril Lavigne, keep holding on . Ya bekerja di tengah pandemi dari rumah tuh memang selalu ada tantangannya. Entah itu koneksi internet yang lama, working hoursnya yang lebih flexible karena gak di office, ataupun cara collect data yang kita butuhin untuk ngerjain kerjaan kita. Tapi gua berusaha untuk menjalani semua ini dengan positive mind. Ya bersyukur karena diluar sana banyak orang yang di PHK meanwhile enggak. Well, gua selama awal-awal ngerasa baik2 aja dan ngerasa cukup seru karena interaksi via email yang tentu saja bahasanya harus ditulis rapih agar tidak menimbulkan kesalah pahaman, meeting dan lain-lain. Tapi sepertinya , fisik gua agak ga setuju sama pemikiran gua. Kesehatan gua di penghujung akhir tahun semakin memburuk baik fisik maupun mind gua. Long short story gua berpikir akan gua coba bertahan di tengah buruknya kesehatan gua karena again gua juga ga mungkin untuk meninggalkan kerjaan gitu aja secara tiba-tiba.

December : It’s Okay to be Not Okay
December ini semuanya terasa cepet banget. Gua mungkin lupa kasih tau tapi masa probation gua akan segera berakhir. Minggu pertengahan ada jawaban apakah gua akan diterima jadi pegawai tetap. Perkembangan dari situasi sebelumnya, gua akhirnya berkonsultasi terkait masalah kesehatan gua ini ke orang terdekat salah satunya mentor gua yang kayak Yoona snsd . Asli semirip itu di fotonya. Kalo liat aslinya gatau kan belum ketemu πŸ™‚ But anyway, walau udah konsul dan diberi opsi lain gua juga berpikir ke dalam diri gua sendiri apakah gua memilih jalan ini sebagai jalan yang akan gua jalani seumur hidup? Ya , orang rumah sangat mengerti kegalauan gua ini sampe gua tanya ada kali sehari 5-6x wkwk. Banyak banget pertimbangan yang gua pikirkan dan akhirnya, H-5 sebelum hasil penetapan pegawai tetap apa enggak, gua memutuskan untuk resign.

Ya, tentu aja gua juga kaget dengan pilihan gua sendiri. Gua mutusin ini sendiri. Gua selalu berpikir kalo memang ini jalan gua buat resign, tolong dimudahkan. Dan emang selama proses, gak ada yang aneh-aneh , dan resign . Company policy gua memang menetapkan anak masih probasi bisa resign 5 hari dari tanggal terakhir kerja. Kayak ninja juga gua resign diem-diem.

I know for some people perusahaan gua bekerja bisa dibilang impian mereka dan mungkin susah masuk kesitu. I know ada juga anggapan kayak baru 3 bulan kok udah resign dan pasti pada lebih kepo nanya alasan gua resign dan bakal pindah kemana. Kayak itu udah hal alami ini. Well, I am really grateful for the opportunity that company has given to me. Gua memutuskan untuk resign cukup baik . Gua sendiri kaget dengan keputusan yang gua buat sendiri kalo dipikir2 sekarang. Tapi kalo gua ga berenti sekarang, kesempatan gua berenti baru ada di tahun depan pertengahan semester 1. Apakah gua bisa bertahan selama itu ? Gak ada yang tau. Jadi selagi ada peluang itu, gua memilih resign.

Tentu aja gua pasti ada di masa temen-temen baru pada masuk atau lagi enjoy kerja di perusahaan meanwhile I’m unemployed atau baru resign dari perusahaan yang bisa dibilang inceran prodi gua. Ada rasa insecure itu. But I’ve chosen that path. Ketika gua berpikir apakah gua akan selamanya berkutat di bidang itu, gua cuma diem karena gua udah tau jawabannya dari awal. I know the reasons but won’t tell ya all πŸ˜› lol . Anyway the point is I don’t really care anymore about what people say. Even nanti kalo digibahin di extended family <strike> (which side ? lol not gonna tell u) </strike> , mungkin gua bakal diem aja hahaha.

I want to be happy and do what I like……

  

This year has been such a ride. Emotionally agak exhausting ya, bund hahaha. Kalo taun lalu dimulai dari flat-flat aja, kalo ini bener2 udah dibuka dengan virus per cocoronaan ini . Sebenernya May-August sekip tuh bukan karena lupa, tapi karena ga ada yang spesial dan pas nulis tuh kayak udah ngantuk hahaha . Dan nulis ini tuh kayak paket express yang cuma 2-3 jam so might be hit or miss. Berencana taun depan sih gak nulis begini lagi. Tapi we’ll see……kan aku suka menyimpan memori2 yang spesial di dalam tulisan dan foto.

BTW, Ngomongin taun lalu yang cheesy karena saving every moment on Photograph on instagram , baru sadar kalo gua belum foto kelulusan graduation hahahaha. Graduation gua di bulan Juli dan wisudanya online. Inget banget bangun pagi pake daster warna hijau dan nonton secara online foto ijazah yang kayaknya diambil pas masih kurus 2 tahun lalu HAHAHAHAHAHA. Berat badan juga berfluktuasi sesuai dengan tahun 2020 yang kayak wahana halilintear di Do Fun (plesetin) tapi trendnya cenderung turun menuju akhir tahun #bisaae.

Tahun ini udah berlalu. Gak berasa udah berlalu . Dalam tahun ini sudah menemukan hobi ngebucin kpop dari Mas Paul, Day6 dan EXO serta mbak IU dan AKMU , nak NCT serta mba Taeyeon di akhir dekade. Belajar menerima kehidupan yang kadang mengecewakan karena diri sendiri dan orang lain, menggembirakan, serta plot twist plot twist menarik seperti MV K.Will – Please Don’t *winkeu winkeu*. Tentunya juga belajar dari kesempatan yang Tuhan selalu berikan.

Taun lalu gua bilang “Belajar untuk healing from everything that hurt you sepertinya masih menjadi trend untuk dekade selanjutnya *asik cem peramal aje nih si penulis*. Yang paling penting adalah semoga awal dekade ini ada berita menggembirakan, yang disemogakan menjadi kenyataan dan semoga penulis bisa menjadi pribadi yang lebih tegar di tahun 2021.” Well, tahun ini gua ngerasa banget buat kerja From Home *enggak, bukan lagu NCT* dan ngerasa It’s Okay to be Not Okay *enggak, bukan terinsipirasi drama Mas Soohyun yang keren bangets* dan gapapa untuk Letting Go *enggak, bukan lagu nge-pun pakai lagu Day6*. Everything Happens for a reason *ini mau nyambung pake lagu AKMU-Happening guys*. Healing is still on the progress dan lagu dari Paul Kim yang – Overload serta Day6 – Zombie bener-bener mewakili perasaan gua saat ini. Herannya kok belum kecipratan lagu Mba Taeyeon yang berbau cintah AHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA. Tentu aja aku berharap EXO release winter album because lagu-lagu winter mereka mantap djiwa. Btw, Make a Wish di release deket2 hari cake day EHEHEH I was so excited !

THE CONCLUSION IS I JUST WANT TO SAY THANK YOU FOR EVERYONE WHO HAS MADE MY YEAR AND MADE IT SPECIAL IN A GOOD WAY OR A BAD WAY. THIS YEAR I’M PRODUCTIVE BUT ENDED WITH THE PANIC STATE. WISH I COULD BE MORE PRODUCTIVE NEXT YEAR. AND ALSO A GOOD HEALTH NEXT YEAR. HOPE NEXT YEAR WILL BE A BETTER YEAR, THANK YOU , AND KATA AVRIL “KEEP HOLDING ON !”. THIS IS MY TEDTALK 2020 *mic drop, and slowly leaving the stage*

β™₯

2020 – WHAT A YEAR!

 

FIN.

 

Leave a comment